Terus Berjuang Untuk Lebih Baik

semoga blog ini bisa membuat kita lebih tau dan lebih baik


WASPADA UANG PALSU...

Ternyata
sangat sulit untuk membedakan uang palsu dengan uang yang asli. terbukti belum lama ini masih ada yang tertipu dengan uang palsu (termasuk saya).. Untuk memeriksa uang palsu kita mengenal dengan kata 3D.
Dilihat..

Diraba,,
Diterawang..
mari kita bahas untuk dapat membedakan secara detail agar tak tertipu dengan uang palsu yang digunakan untuk proses memba
yar oleh orang yang tak bertanggung jawab.


















1. Dilihat
Lihatlah uang yang anda miliki, apakah warnanya pudar, kusam, pucat, luntur, patah-patah, atau masalah lainnya. Pastikan uang yang anda periksa tadi memiliki warna, corak dan gambar yang baik serta memiliki tanda-tanda uang asli seperti tanda air yang menggambarkan pahlawan-pahlawan nasional, bahan kertas serta benang tali pengaman yang berada di dalam uang tersebut.

pembahasan : saya membandingkan uang 50 ribu yang asli dengan yang palsu yang saya dapatkan dari orang yang tak bertanggung jawab. secara sekilas sempurna sama, kebetulan uang palsu ini masih baru. kertas masih seger. warnanya belum pudar, ada gambar pahlawan dan ada pula benang tali pengaman serta jenis kertas dan ukuran nyaris sama... sulit sekali dibedakan..

2. Diraba
Usaplah uang tersebut apakah uang itu terasa kasar atau lembut. Uang yang asli biasanya agak kaku dan tebal bahan kertasnya. Di samping itu pada angka atau gambar uang biasanya sengaja dicetak agak menonjol dan akan terasa jika diusap-usap. Rabalah uang anda apakah sudah asli atau belum.

Pembahasan: untuk opsi Meraba-raba saya paling suka.. :) cara ini sedikit lebih efektif dari cara yang diatas. namun kita butuh ketelitian yang cukup tinggi untuk meraba-raba uang ini.. terdapat perbedaan di sekitar logo tulisan BI. uang palsu tidak terasa adanya "Cetak intaglio" (cetakan timbul yang terasa kasar apabila diraba)

3. Diterawang
menerawangkannya ke sumber cahaya kuat seperti matahari dan lampu. Setelah diterawang lihatlah bagian tali pengaman dan tanda mata air apakah dalam kondisi baik atau tidak.

Pembahasan: Opsi menerawang menurut saya yang paling jitu untuk membedakan uang palsu. lebih cangih lagi kalo kita memiliki lampu ultraviolet seperti yang digunakan di minimarket. tapi tetap hati-hati, pasalnya kita pasti hanya terbiasa menerawang di bagian
"Tanda air" (berupa gambar yang akan terlihat apabila diterawangkan ke arah cahaya) kita sering sebutnya gambar pahlawan. ternyata pada uang palsu sekarang gambar tanda air ini ada juga. walaupun tak sesempurna uang asli bila tidak jeli pasti akan tertipu juga..

bagian yang paling mencolok untuk bedakan uang asli dan palsu adalah bagian benang pengaman. saat diterawang, benang pengaman uang asli terlihat tidak putus-putus (nyambung) sedangkan yang palsu putus-putus.. Dan satu lagi, logo BI.. logo BI yang tersembunyi ini bila di terawang dengan sinar, akan memperlihatkan gambar tulisan logo BI, sedangkan yang palsu tak menampilkan apa-apa...

Kesimpulan: sangat sulit membedakan uang palsu tapi selalu ada cara untuk mengatasinya. disini saya menganjurkan dengan cara menerawang dan diraba... mari kita berantas uang palsu...
cintai RUPIAH... :)

_agung_

0 komentar:

Posting Komentar

Game Jadul